Pendidikan adalah salah satu kegiatan yang sangat komplek, meliputi berbagai komponen yang berkaitan erat satu sama lain dan merupakan sebuah sistem, jika pendidikan ingin dilaksanakan secara teratur dan terencana, maka sebagai elemen yang terlibat dalam kegiatan pendidikan perlu dikenali agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Pandangan pendidikan sebagai suatu sistem dapat dilahirkan secara makro maupun mikro. Secara mikro pendidikan dilihat dari hubungan elemen peserta didik, pendidikan dan interaksi keduanya. Berdasarkan tinjauan mikro di atas, peserta didik dan pendidikan merupakan elemen sentral. Secara khusus jika memandang pendidikan untuk kepentingan peserta didik tentu memiliki tujuan yang khusus pula, untuk mencapai tujuan ini terdapat berbagai sumber dan kendala, karena itu paradigma baru pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan secara efektif dan efisisen, perlu didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Pengembangan sumber daya manusia merupakan proses peningkatan kemampuan manusia agar dapat melakukan pilihan- pilihan. Hal ini memusatkan perhatian pada pemerataan akses dalam peningkatan kemampuan manusia dan pemanfaatan kemampuan itu. Pembangunan sumber daya manusia disinyalir perlu didukung berbagai sumber yang dapat menunjang tercapainya sebuah tujuan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkadang sulit kita imbangi dengan kondisi ril di lapangan, faktor penyebab isu tersebut di atas antara lain adalah pemerataan akses untuk memperoleh pendidikan dan antusias warga masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman melalui ilmu pengetahuan dan teknologi masih kurang, apalagi sebagian besar masyarakat kita hidup di bawah garis kemiskinan yang masih memandang menuntut ilmu itu tidak begitu penting dibandingkan dengan mencari nafkah yang secara instan dapat dinikmati. Membangun sumber daya manusia yang handal dan memiliki komitmen tinggi merupakan tumpuan dan harapan semua bangsa untuk menentukan kemajuan suatu negara di masa yang akan datang. Agar hal tersebut dapat terealisasi, maka peran serta semua pihak sangatlah diperlukan. Membentuk SDM berkualitas adalah suatu hal yang mudah diucapkan, namun betapa sulitnya untuk dapat mewujudkan SDM sesuai harapan. Sikap optimisme yang dimiliki para pengelola pendidikan perlu disambut dengan lapang dada, sebab melalui pendidikan yang terencana dan berjenjang diharapkan tujuan pendidikan dalam membentuk SDM yang memiliki IPTEK dan IMTAK dapat terwujud sesuai harapan.
Tujuan diajukannya proposal Pembangunan Rehabilitasi Ruang Kelas ini diantaranya: 1. Efektivitas proses belajar mengajar yang kondusif. 2. Revitalisasi fungsi sekolah sebagai wadah kegiatan belajar dan mengajar. 3. Optimalisasi Proses Belajar dan Mengajar yang terencana dan terarah.
Kp. Nangklak RT. 004 RW. 001
Tanggal Masuk Proposal
09 February 2024
Rencana Anggaran Biaya
Rp. 90.582.000
Copyright © 2021 - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik - Kabupaten Serang. All rights reserved. Serangopen V.2